Percakapan Bahasa Inggris: Offering Help

Saat kita ingin memulai percakapan dalam Bahasa Inggris, seringkali kita terpaku dan merasa bingung untuk mengutarakan apa yang ingin kita ucapkan. Terlebih lagi, jika yang ingin kita utarakan adalah sesuatu yang bersifat penting dan urgent, misalnya saat ingin meminta tolong atau bantuan kepada orang lain (Asking Help).

Namun, apa jadinya jika percakapan yang ingin kita gunakan berupa menawarkan bantuan kepada orang lain (Offering Help). Percakapan ini bisa terjadi di antara seorang pramuniaga toko yang tengah melayani pembeli, atau saat seorang resepsionis di sebuah perusahaan berusaha menawarkan layanannya kepada customer yang berkunjung, atau bisa juga sekedar percakapan mendadak saat kamu melihat seorang turis dari mancanegara tengah tersesat dan kamu ingin menawarkan bantuan untuk menunjukan arah jalan. Tentu, kamu ingin memulai dialog tersebut dengan menggunakan Bahasa Inggris.  

            Nah, buat kamu yang ingin tahu cara menawarkan bantuan dalam Bahasa Inggris, yuk kita simak penjelasan detilnya dalam artikel ini sebagai berikut.

offering help
Source: Shutterstock

Offering Help with Interrogatives

Kalimat interrogatives itu sendiri merupakan kalimat pertanyaan. Nah, dalam hal ini kamu bisa menawarkan bantuan menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan suatu hal yang bisa dibantu. Adapun tipikal jenis kalimat tanya selalu diawali oleh auxiliary verbs (can, may, should, do, etc) lalu diikuti oleh subject dan kata kerja setelahnya. Berikut contoh-contoh Offering Help dengan kalimat tanya:

  • May I help you? (ada yang bisa saya bantu?)
  • Can I do something for you? (ada yang bisa saya bantu?)
  • Is there anything I could do for you? (ada yang bisa saya bantu?)
  • How can I be of assistance of you? (ada yang bisa saya bantu?)
  • Could I do anything for you? (ada yang bisa saya bantu?
  • Do you like something to drink? (mau minum apa?)
  • Would you like to have something to eat? (mau makan apa?)
  • How can I be of help to you? (ada yang bisa saya bantu?)
  • Shall I pick you up? (maukah saya jemput?)
  • Do you mind if I pick you up at 5? (maukah saya jemput pukul 5?

Offering Help with Affirmatives

Tak hanya menggunakan kalimat pertanyaan, kita juga bisa menggunakan kalimat affirmatif (pernyataan) untuk menawarkan bantuan (Offering Help). Dalam hal ini, urutan komponen kata dalam kalimat sesuai dengan kaidah penulisan kalimat affirmatif yakni harus menyertakan Subject dan Verb. Adapun contoh-contoh ungkapan Offering Help adalah sebagai berikut.

  • Let me do something for you (Boleh saya bantu?)
  • I will be happy if I can help you with something (Saya senang jika bisa membantu)
  • I can do something if you want (Saya bisa bantu jika kamu berkehendak)
  • I’ll be glad to help you with something (Saya senang bisa membantu)
  • I wonder if you may need me to do something for you (Ada yang bisa saya bantu)

Beberapa contoh dari kalimat di atas dapat digunakan untuk situasi yang formal dan non-formal. Adapun penggunaan ungkapan yang tidak formal seringkali tampak lebih singkat sebagaimana dalam contoh kalimat berikut ini.

Source: Shutterstock

Contoh-contoh Offering Help (Non-formal)

  1. I’ll (do something). …
  2. Let me (do something). …
  3. Why don’t I (do something)? …
  4. Do you want me to (do something)? …
  5. Would you like me to (do something)? …
  6. I can (do something). …
  7. Can I (do something)? …
  8. I’d be happy to (do something).

Demikianlah penjelasan dan contoh-contoh yang kamu bisa gunakan dalam percakapan Bahasa Inggris, terutama dalam menawarkan bantuan (Offering Help). Tidak sulit bukan, kamu bisa menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Caranya, kamu cukup merubah kata kerja (verb) dengan kata yang sesuai dengan situasi dan kebutuhanmu dari potongan contoh-contoh kalimat di atas.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *