SKOR TOEFL TERTINGGI

TOEFL Adalah salah satu tes yang memiliki standarisasi untuk membantu mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang yang tidak menggunakannya sebagai  Bahasa ibu. TOEFL ini biasanya dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan untuk tujuan pendidikan di luar negeri atau bekerja di luar negeri. Kamu perlu tahu dulu berapa skor TOEFL tertinggi dan terendah yang dibutuhkan.

Bagi kalian yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, sertifikat TOEFL ini sangat dibutuhkan bagi beberapa institusi yang berasal dari negara Amerika Serikat atau Kanada. Masing-masing institusi biasanya memiliki standar skor TOEFL tersendiri yang harus dicapai oleh peserta. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui Skor TOEFL terendah dan tertinggi. Beberapa universitas memiliki standar masing-masing yang membuat masa berlaku TOEFL bisa berlaku sampai dengan 3 tahun. Tetapi tentunya hal itu hanya terdapat pada institusi tertentu.

Ada tiga jenis tes TOEFL yang bisa kamu ikuti dan memiliki nilai perhitungan serta skor yang berbeda-beda. Tiga jenis tes TOEFL tersebut adalah tes TOEFL PBT, CBT, dan IBT. Bingung cara bedainnya? Nah, SUN English akan kasih penjelasan untuk skor tertinggi dari ketiga jenis tersebut. Yuk, simak sama-sama!

1.  Skor Terendah dan Tertinggi TOEFL PBT

TOEFL PBT atau Paper Based test merupakan tes yang menggunakan sistem konversi. Setiap jawaban yang benar biasanya memiliki nilai tertentu. Jika satu jawaban memiliki nilai 20, dua jawaban benar akan bernilai 21, serta tiga jawaban yang benar memiliki nilai 23 dan seterusnya.

Untuk jenis tes yang satu ini, skor terendah adalah antara 220. Sedangkan skor tertinggi mencapai 677. Jika menggunakan TOEFL PBT paling tidak kita harus tahu berapa skor yang diinginkan oleh lembaga pendidikan tersebut ya.

2. Scoring Terendah dan Tertinggi CBT

TOEFL CBT merupakan jenis TOEFL yang dikeluarkan setelah PBT. Jenis teks bahasa Inggris yang pertama kali dikeluarkan di tahun 1998 dan tidak menggunakan kertas yaitu langsung menggunakan komputer.

Sistem pengerjaan TOEFL yang satu ini setiap soal langsung dijawab atau dikerjakan dengan komputer. Durasi tes kitar 2 – 2.5 jam dan terdiri dari berbagai macam materi loh. Skor terendah untuk tes TOEFL CBT ini 0 dan tertinggi adalah skor 300.

3. Skor Terendah dan Tertinggi TOEFL IBT

Jenis TOEFL selanjutnya adalah IBT atau Internet Based Test. Merupakan jenis TOEFL terbaru yang dikeluarkan oleh ETS di tahun 2005, namun di Indonesia baru diberlakukan pada tahun 2006 dan digunakan sebagai standar tes internasional yang diakui dunia.

Jadi TOEFL ini tetap menggunakan media komputer hanya saja sistem tesnya adalah internet. Peserta tes langsung javal dari pusatnya yaitu ETS melalui jaringan online dan memiliki durasi waktu sekitar 4 jam. Skor terendah dari TOEFL IBT ini 0 dan paling tinggi sekitar 120.

Adapun beberapa tips untuk kamu yang akan mengambil tes TOEFL agar mendapatkan skor tertinggi.  Yuk kita simak beberapa tipsnya dibawah ini:

1) Mengenali Tes TOEFL

Sebelum kamu mengikuti ujian TOEFL harus mengetahui tentang TOEFL itu sendiri beserta soal-soal yang akan diujikan, jumlah soal, bagaimana penilaiannya, berapa skor yang harus diraih dan sebagainya. Mengetahui hal-hal tersebut akan membuat kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian TOEFL. Seperti kita ketahui ada banyak strategi dan tipe-tipe pertanyaan yang ada di TOEFL. Jika kita bisa mengerjakan dengan strategi yang diberikan maka kita akan mendapatkan skor tinggi tentunya.

2) Memiliki Manajemen Waktu Belajar yang Baik

Jika kamu ingin mengikuti ujian TOEFL maka harus mempersiapkannya dengan baik. Sangat disarankan untuk mempersiapkan ujian ini jauh-jauh hari supaya hasilnya lebih maksimal. Semakin lama waktu untuk belajar dan mengerjakan latihan soal, maka kemampuan bahasa inggris yang dimiliki akan semakin bagus. Manfaatkan waktu yang kamu miliki sebaik mungkin untuk belajar mempersiapkan ujian ini. Saat ini juga banyak tempat kursus yang menyediakan persiapan untuk kelas TOEFL, seperti SUN English yang memiliki fleksibel time dan kelas intensif untuk kelas TOEFL. Kalian bisa langsung menghubunginya melalui telepon atau datang langsung ke centre SUN English terdekat dari rumah kalian.

3) Saat Sesi Listening Baca Pertanyaan dan Pilihan Terlebih Dahulu

Tips lulus ujian TOEFL selanjutnya yaitu saat sesi listening kamu diharuskan untuk memanfaatkan waktu yang diberikan dengan sangat baik. Supaya waktu yang dimiliki tidak terbuang maka ketika perintah tes dibacakan oleh narator, kamu bisa langsung membaca pertanyaan dan juga pilihan yang sudah dituliskan. Menerapkan cara ini tidak hanya untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, melainkan kamu akan menjadi lebih fokus membaca dan juga mendengarkan saat pertanyaan dimulai. Perlu diketahui bahwasanya perintah yang dibacakan oleh narator sudah tertulis pada tes sehingga tidak perlu didengarkan dengan serius. Kalian jga harus fokus ya agar tidak mudak terdistrak oleh hal apapun.

4) Kenali Struktur Kalimat yang Ditanyakan

Untuk tes TOEFL ITP bagian yang paling sulit adalah bagian structure and written expression. Bagian ini dianggap sulit karena menyangkut grammar atau kaidah kebahasaan dalam bahasa inggris. Supaya bisa menaklukan bagian ini kamu harus mengidentifikasi subject maupun verb pada soal yang diberikan. Kalimat bahasa inggris selalu memiliki subjek maupun predikat (verb). Dengan seringnya berlatih maka kita akan terbiasa menghadapi soal-soal TOEFL seperti ini.

5) Belajar Expression Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Sehari-hari

Apabila kamu ingin lulus tes TOEFL dengan nilai yang tinggi maka harus mempelajari dan menguasai expression atau idioms. Expression  merupakan frasa atau kalimat sehari-hari yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Frasa ini perlu dipelajari karena banyak frasa bahasa inggris yang ternyata mempunyai arti berbeda dengan terjemahan langsungnya. Jika kamu mengikuti kelas persiapan TOEFL kalian kan dberikan banyak latihan tentang ini.

6) Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Cara meraih skor TOEFL tinggi selanjutnya yaitu kamu harus memiliki banyak kosakata bahasa inggris, terutama dalam bidang akademis. Hal ini dikarenakan pada bagian listening dan reading sering menggunakan kata-kata atau kosakata yang sering digunakan dalam bidang akademis. Menerapkan tips satu ini akan mempermudah kamu dalam mengidentifikasi dan juga mengartikan kata-kata yang diberikan atau disebutkan. Kamu juga disarankan untuk mencari tahu sinonim dari kata-kata yang akan dipelajari.

7) Memperbanyak Latihan Soal TOEFL

Setelah kamu mengetahui lebih dalam mengenai tes TOEFL dan soal yang diujikan, selanjutnya untuk berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL. Semakin rutin kamu latihan mengerjakan soal, maka menjadi lebih paham dan menguasainya. Kamu bisa mendapatkan latihan soal TOEFL di internet atau dengan mengikuti kursus. Kalian juga harus pintar memilih tempat kursus yang menyediakan kelas persiapan TOEFL agar kalian bisa belajar dengan efektif dan dapat mencapai skor yang tinggi.

Itulah penjelasan mengenai skor TOEFL tertinggi beserta beberapa tips yang akan membantu kalian. Jangan mudah menyerah dalam perjuangan ini ya. Kamu pasti bisa!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.