Yuk! Belajar Lebih Jauh Mengenai Adjective

English Adjectives

Kata sifat atau adjective adalah kata yang digunakan untuk menerangkan kata benda. contohnya diligent (rajin), beautiful (cantik), handsome (tampan), smart (pintar), brave (berani), strong (kuat) fast (cepat), big (besar), high (tinggi), amazing (luar biasa), dan lain-lain.

Umumnya dalam sebuah kalimat, kata sifat atau adjective bisa diletakkan sebelum kata benda, atau bisa juga di akhir kalimat. Contohnya adalah “It is a beautiful ring.” (Ini adalah cincin yang cantik) dan “This ring is beautiful.” (Cincin ini cantik).

Berikut contoh penggunaan adjective dalam klaimat:
1. Your little boy is handsome.
2. She is very smart in the class.
3. I like your big red house.
4. Rina has a cute little cat.

Dalam penggunaannya, ada beberapa bentuk adjective yang bisa digunakan dalam kalimat. Di antaranya adalah:

Absolute Adjectives

Absolute adjectives adalah sekelompok kata sifat yang tidak memiliki perbandingan dan bersifat mutlak. Contoh kata sifat bahasa Inggris dengan bentuk absolute adjectives:

  • The girl is dead. (Gadis itu meninggal)
  • Jack is alive. (Jack hidup)
  • Dinosaurs are extinct. (Dinosaurus punah)

Adjective Phrase

Adjective phrase merupakan hasil kombinasi antara adjective sebagai head dan modifier. Dalam hal ini, modifier berfungsi untuk memberi informasi lebih lanjut mengenai adjective yang digunakan.

  • Mr. David’s daughter is so beautiful.
  • This morning I saw a very cute dogs in the park (determiner + adjective)

Pada contoh kalimat di atas, kata so dan very merupakan modifier untuk memberikan informasi mengenai kata sifat yang digunakan.

Compound Adjective

COmpound Adjective

Compound Adjectives adalah gabungan dari dua kata yang membentuk kata sifat atau menggambarkan suatu keadaan kata benda.  Gabungan ini bisa tersusun dari dua kata sifat atau lebih, Selain itu, Compound Adjective bisa juga tersusun dari part of speech lain seperti noun (kata benda) dan verb (kata kerja) untuk membentuk sebuah kata baru. gabungan kata sifat dan jenis kata lain. Aturan umumnya, jika dua kata sifat atau lebih berada sebelum kata benda, maka harus menggunakan tanda penghubung. 

Nah, jika hal ini terjadi, kata baru yang dihasilkan disebut dengan compound adjective. Contoh:

  • High-speed cameras (adjective + noun)
  • Well-known authors (adjective + past participle)
  • Good-looking men (adjective + present participle)
  • Oil-free products (noun + adjective)

Comparative and Superlative Adjectives

Comparative adjectives adalah bentuk dari kata sifat yang berfungsi untuk membandingkan sesuatu, lebih baik atau lebih buruk, lebih banyak atau lebih sedikit, juga lebih besar atau lebih kecil.

Berdasarkan maknanya dalam bahasa Inggris, comparative adjectives ditandai dengan sufiks alias akhiran –er, atau menggunakan kata more atau less. Hampir semua kata sifat dengan satu suku kata dan beberapa kata sifat dengan dua suku kata dapat menggunakan sufiks –er sebagai penanda comparative adjectives.

Sementara itu, banyak kata sifat dengan dua suku kata atau lebih menggunakan kata more or less untuk menandakan comparative adjectives. Berikut contohnya:

  • “It’s easier to read than to write”. (Lebih mudah membaca daripada menulis)
  • Compared to the last knife, this one is very good, sharper and harmless.” (Dibandingkan dengan pisau sebelumnya, pisau ini sangat bagus, lebih tajam dan tidak berbahaya.)
  • My nephew is younger than my son.” (Keponakan laki-lakiku lebih muda daripada anak laki-lakiku.)

Selanjutnya, superlative adjectives adalah perbandingan yang memiliki bentuk atau tingkat kata sifat yang menunjukkan paling banyak atau paling sedikit, paling baik atau paling buruk dari sesuatu.

Seperti comparative adjectivessuperlative adjectives ditandai dengan sufiks –est untuk hampir seluruh kata sifat bahasa Inggris satu suku kata dan beberapa kata sifat dua suku kata. Sementara itu, untuk kata sifat bahasa Inggris yang memiliki dua suku kata atau lebih, penanda superlative adjective diidentifikasi dengan kata most atau least.

Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

  • The slowest animal in the world is the sloth. (hewan paling lambat di dunia adalah sloth)
  • Being chased by a bear is the most terrifying thing I’ve ever experienced. (Dikejar beruang adalah hal yang paling menakutkan yang pernah aku alami.)

Participle Adjectives

Participle adjectives adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berasal dari kata kerja dengan sufiks -ing, –ed atau -en. Misalnya dari kata kerja lie ditambah akhiran -ing, atau burn dengan sufiks –ed. Berikut adalah contoh kalimatnya:

  • The lying thief was arrested last night.” (Si pencuri pembohong ditangkap tadi malam.)
  • “A concerned father came to see me today.” (Seorang ayah yang khawatir datang mengunjungi saya hari ini)
  • Her house was burned.” (Rumahnya terbakar.)

Nah, itu dia penjelasan mengenai adjective dan beberapa contoh penggunannya dalam kalimat. Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.