Yuk Belajar Rumus Future Perfect Tense dan Penggunaannya!

rumus future perfect tense

pixabay.com

Hi, English enthusiasts! Di tengah pandemi yang masih berlangsung ini, kamu masih semangat belajar Bahasa Inggris kan? Semoga masih ya, karena mau bagaimana pun keadaannya, kemampuan berbahasa Inggris akan selalu ada untuk banyak keperluan, seperti bekerja atau melanjutkan studi. Anyway, kali ini kita bakal bahas tentang penggunaan dan rumus Future Perfect Tense. Sudah pernah belajar atau dengar tentang jenis tense satu ini? Kalau belum, yuk kita bahas bareng-bareng!

Tenses

Sebelumnya kita perlu tau bahwa dalam Bahasa Inggris, ada 3 tenses utama, yaitu: Past (masa lampau), Present (masa sekarang), dan Future (masa depan). Ada juga beberapa ahli linguistik yang mengklaim bahwa hanya ada 2 tenses utama karena Future Tense tidak memiliki bentuk Verb sendiri dan hanya menggunakan penambahan Modal Verbs­ (seperti will, be going to) untuk menandakan keterangan waktunya. Terus, apa sih Future Perfect Tense itu? Siapkan diri ya, karena kita akan membahas tentang makna Perfect di paragraf selanjutnya

pixabay.com

Tense Forms (Bentuk-bentuk Tense)

Jadi, dari 3 tenses utama tadi, ada 3 sub-pembagian tense lagi atau nama lainnya Tense Form yaitu Simple, Continuous, dan Perfect. Nah, penggunaan ketiganya tentu berbeda karena maknanya pun berbeda.

Untuk menjelaskan suatu hal atau aktivitas yang terjadi secara rutin (rutinitas) dan juga fakta, kita harus menggunakan bentuk Simple. Sedangkan untuk suatu hal atau aktivitas yang sedang terjadi, kita memakai bentuk Continuous. Lalu, apakah bentuk Perfect digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang sempurna? Well, Perfect memang punya arti sempurna tapi tentunya bukan itu. Maksud dari bentuk Perfect adalah hal atau aktivitas yang sudah selesai (bukan sesuatu yang terjadi secara rutin atau sedang berlangsung).

Maka dari itu, gak heran kalau kamu mungkin pernah dengar atau belajar bahwa ada banyak jenis Tenses. Alasannya jelas: karena masing-masing Tense utama (Past, Present, dan Future) bisa dimodifikasi dengan 3 bentuk diatas (Simple, Continuous, dan Perfect). Semisal, ada yang namanya Past Simple, Past Continuous, Present Continuous, Present Perfect, Future Simple, dan Future Perfect.

Yang harus kita ingat adalah Tenses menunjukkan waktu (masa lampau, masa sekarang, atau masa depan) sedangkan Tense Forms menjelaskan kegiatan atau halnya (rutinitas, sedang terjadi, atau sudah selesai). Anyway, akan sangat panjang kalau kita bahas satu-satu, jadi untuk kali ini kita akan fokus ke contoh penggunaan dan rumus Future Perfect Tense.

Future Perfect Tense

Okay, jadi seperti yang kita udah bahas sebelumnya, kita pakai Future Tense untuk menunjukkan suatu hal yang akan terjadi di masa depan sedangkan form Perfect dipakai untuk menjelaskan hal yang sudah selesai. Mungkin agak membingungkan buat kita: Kok bisa sesuatu yang akan terjadi tapi sudah selesai? Yup, memang begitu adanya. Pada dasarnya, penggunaan Future Perfect Tense adalah untuk sesuatu yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu (dan inilah yang membedakannya dari Future Simple Tense). Yuk cek paragraf selanjutnya biar lebih jelas! 

Penggunaan Future Perfect

Misalnya, kamu mau pergi main sama temen tapi ternyata kamu punya tugas yang harus dikerjakan sebelum pergi, dan temen kamu tanya:

A) Your Friend : Are you sure you can go tonight?

  You: Yes, I will have finished my work at 6

B) Your Friend : Are you sure you can go tonight?

  You: Yes, I will finish my work at 6

Kalau kita lihat sekilas, kedua jawaban di atas seperti sama, tapi sebenarnya berbeda loh. Untuk jawaban dialog A, ‘…will have finished…at 6’ artinya kamu bakal udah nyelesain tugas kamu sebelum jam 6 sore dan gak mungkin lebih dari itu. Sementara di percakapan B, ‘…will finish…at 6’ artinya kamu baru akan nyelesain tugas kamu di jam 6 sore, dan itu masih prediksi karena bisa jadi lebih dari jam 6 sore. Jadi ada sedikit perbedaan antara keduanya ya.

Rumus Future Perfect

Oh iya, untuk rumus Future Perfect Tense sendiri cukup sederhana:

  • Subject + will have + Past participle (Verb 3) + Complement of Time

Contoh :
1)      They will have slept at 9 since they must wake up early tomorrow

2)      Even though the deadline is next week, Jane will have submitted the work tonight so that she can focus on other tasks

pixabay.com

Itu dia sedikit pembahasan tentang penggunaan dan rumus Future Perfect Tense. Tentunya masih banyak lagi yang harus kita paham tentang jenis Tenses yang ada. Kalau kalian ingin belajar lebih lanjut, SUN English siap banget bantu kalian dengan program Conversation, General English dan program-program berkualitas lainnya. Yuk kunjungi kantor SUN English terdekat atau hubungi hotline SUN English di bawah! Keep practicing, English enthusiasts!

Comments are closed.