Cara Agar Bisa Lancar Berbicara dalam Bahasa Inggris

Source: Freepik.com

Hi, everyone! Balik lagi bersama SUN yang akan memberikan kalian informasi bermanfaat, gak cuma tentang kuliah di luar negeri tapi juga mengenai materi bahasa Inggris. Nah, kali ini, kita akan membahas cara bicara dalam bahasa Inggris dengan lancar. Pasti kalian pengen dong lancar dalam berbahasa Inggris. Tenang, artikel ini akan kasih kamu tips dan tricks untuk meningkatkan kemampuan speaking kalian. So, let’s check it out!

Tips dan Trik Lancar Bicara Bahasa Inggris

Pertama-tama, menjadi ahli dalam tata bahasa Inggris tidak melulu berarti menjadi penutur bahasa Inggris yang fasih. Kefasihan membutuhkan lebih dari sekadar menghafal tata bahasa atau kosa kata. Menguasai struktur dan kosa kata bahasa Inggris akan sia-sia jika kamu tidak dapat menyampaikannya dengan berbicara; lagi pula, belajar bahasa tidak hanya tentang tata bahasa atau kosa kata, kamu juga harus bisa berbicara bahasa itu.

Pendeknya, kefasihan adalah tahap belajar bahasa ketika hal-hal mulai “klik.” Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mencapai level ini, sehingga banyak orang tidak menganggapnya realistis.

Akan tetapi, ribuan orang mencapai kefasihan bahasa Inggris setiap tahun, dan dengan tekad yang cukup, kamu juga bisa! 

Yuk intip tips dan triknya!

Source: Freepik.com

1. Jangan takut melakukan kesalahan

Utamanya, tujuan kamu adalah menyampaikan pesan, bukan berbicara bahasa Inggris yang sempurna, dengan tata bahasa dan kosa kata yang tepat. Bahkan penutur asli bahasa Inggris membuat kesalahan!

2. Latihan, latihan, latihan

Kedua, practice makes perfect! Terus-menerus mencari peluang untuk menguji bahasa Inggris lisan kamu. Maka dari itu, satu hal yang mutlak harus kamu lakukan untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar adalah lebih banyak berlatih berbicara. Hampir semua saran untuk mencapai tujuan kelancaran pada akhirnya akan mengarah pada hal ini. Tidak ada hal lain yang dapat kamu lakukan yang seefektif, atau sepenting itu.

3. Dengarkan

Ketiga, semakin banyak kamu mendengar, semakin mudah bagimu untuk berbicara bahasa Inggris dengan lebih baik. Selanjutnya, kamu akan mulai berbicara lebih lancar dan percaya diri dalam percakapan bahasa Inggris, belajar bagaimana menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris dengan ekspresi dan idiom baru.

4. Berpikir dalam bahasa Inggris

Beralih dari berbicara bahasa Inggris yang baik ke bahasa Inggris yang hebat dengan berpikir dalam bahasa tersebut. Mungkin kamu akan merasa sulit pada awalnya, tetapi setelah beberapa waktu kamu akan belajar bagaimana beralih antara berbicara bahasa Inggris dan bahasa pertamamu.

6. Bicaralah pada diri sendiri

Ini akan terlihat lucu, tetapi dengan berbicara kepada diri sendiri dalam bahasa Inggris di depan cermin setiap hari, maka kamu akan belajar melafalkan setiap huruf dalam alfabet bahasa Inggris, ditambah kapan dan bagaimana menggunakan ekspresi yang berbeda. Sebagai tambahan, kamu  juga akan belajar untuk memperbaiki ketika membuat sebagian besar kesalahan.

7. Twister lidah

Twister lidah membantu meningkatkan diksi kamu yang otomatis akan mengajarkan kamu cara berbicara dengan cepat. Berlatihlah dengan ucapan-ucapan rumit seperti ini: How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood? 

8. Ekspos dirimu ke bahasa Inggris setiap hari

Jika kamu ingin berbicara dengan lancar, sangat penting untuk mendapatkan paparan bahasa Inggris sebanyak mungkin. Oleh karena itu, kamu harus melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris setiap hari, bahkan ketika sedang tidak aktif belajar. Ada perubahan sederhana yang dapat kamu lakukan pada lingkungan untuk membantu memperkenalkan dirimu pada bahasa Inggris. Contohnya:

  • Ubah pengaturan ponsel/media sosial/tablet kamu ke Bahasa Inggris
  • Dengarkan musik bahasa Inggris
  • Baca berita dalam bahasa Inggris
  • Berkomitmen untuk menonton acara TV dan film dalam bahasa Inggris
  • Buat jurnal bahasa dalam bahasa Inggris
  • Teknik ini disebut “perendaman bahasa.” Ini adalah cara yang bagus untuk membiasakan diri dengan suara dan teks bahasa baru dan untuk memperkuat apa yang telah kamu pelajari.
Source: Freepik.com

9. Manfaatkan teknologi sebaik-baiknya

Berapa banyak aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang kamu miliki di ponsel saat ini? Mungkin setidaknya satu! Era digital telah merevolusi pembelajaran bahasa, dan mudah untuk melupakan betapa beruntungnya kita.

Ada banyak sekali teknologi studi yang tersedia, jadi pilihlah dengan hati-hati. Pastikan kamu menggunakan sumber daya yang paling efektif untuk kebiasaan belajar Anda sendiri, dan kamu tidak jatuh ke dalam perangkap terlalu mengandalkan aplikasi seperti game.

Meskipun demikian, aplikasi memiliki banyak keterbatasan, dan kamu masih perlu mencampuradukkan aktivitas untuk belajar bahasa Inggris lebih cepat.

10. Meningkatkan pelafalan

Sama pentingnya, meningkatkan pelafalan kamu sangat membantu karena beberapa alasan. Kita semua perlu memahami, dan melatih pelafalan yang membantu kita berbicara dengan jelas.Kendatipun begitu, hal ini tidak berarti bahwa kamu harus menghilangkan aksen, tidak sama sekali. Tetapi akan membuat frustasi bagi diri sendiri dan penutur bahasa Inggris lainnya jika mereka tidak memahamimu.

11. Pelajari intonasi, bahasa tubuh, dan gerak tubuh

Untuk menekankan, kefasihan bahasa Inggris yang sebenarnya lebih dari sekadar kosakata dan tata bahasa. Jika kamu dapat mengetahui intonasi, bahasa tubuh, dan gerak tubuh, kamu akan benar-benar terlihat dan terdengar seperti penutur asli.

Intonasi adalah “naik turunnya” atau perubahan nada dalam cara seseorang berbicara. Bahasa tubuh adalah bagaimana seseorang menggunakan tubuh mereka sendiri untuk mendukung (atau menentang) apa yang mereka maksud. Gestur adalah gerakan tangan dan tubuh yang bekerja sama dengan apa yang dikatakan seseorang.

Memang tidak mudah mempelajari ketiga hal ini karena terkesan sangat natural. Salah satu cara untuk belajar adalah dengan melihat bagaimana penutur asli bahasa Inggris berkomunikasi satu sama lain.

Salah satu cara untuk mempelajari aspek-aspek bahasa ini adalah dengan menyewa seorang guru bahasa Inggris, jika itu sesuai dengan anggaran! Juga menonton video YouTube dapat membantumu.

12. Dapatkan guru pribadi

Terakhir, jika kamu serius ingin fasih berbahasa Inggris, berinvestasilah dalam tutor bahasa pribadi. Berbicara dengan tutor bahasa Inggris ahli bahkan hanya sekali seminggu dapat meningkatkan kemajuanmu secara dramatis.

Kamu akan dapat mengajukan pertanyaan tentang bahasa Inggris secara teratur, mendiskusikan kata-kata baru yang relevan dengan kehidupan, dan akan menerima umpan balik tentang kemampuan percakapan bahasa Inggris kamu secara real-time. Jauh lebih mudah untuk tetap berpegang pada rutinitas belajar yang teratur ketika kamu merasa bertanggung jawab dan nyaman dengan seseorang. Belajarlah dengan guru bahasa Inggris dan kamu akan memiliki pelatih bahasa pribadimu sendiri.

Jangan khawatir! Sun Education memiliki program khusus yang dapat membantu kamu dalam hal ini. Kelas Conversation ditujukkan bagi kalian yang ingin meningkatkan skill speaking dalam bahasa Inggris. Dengan tutor yang ahli dalam bidangnya, kamu akan sangat terbantu.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar.

Add a Comment

Your email address will not be published.