Penggunaan dan Perbedaan Among dan Between

1. Arti dari kata Between dan Among

Hi everyone, seperti judul kita di atas, udah pada tau belum perbedaan penggunaan kata between dan among dalam kalimat bahasa inggris. Pada dasarnya, kata between and among mempunyai arti yang sama, yaitu di antara. Namun, meskipun between and among memiliki arti yang sama, penggunaannya dalam kalimat berbeda, lho. Oleh karena itu, karena perbedaan ini lah yang membuat masih banyak orang yang masih keliru ketika menggunakannya dalam kalimat. 

2.  Fungsi pertama kata Between 

Yang pertama, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kata between memiliki arti di antara. Pada umumnya, kata between digunakan untuk menyatakan sesuatu hal yang berada di antara dua pilihan atau dua benda. Contohnya:

  • Do you know where the printer is in the teacher’s room?. Yes I do. The printer is between computer and photocopier. (apakah kamu tau di mana letak printer di dalam ruangan guru?. Yeah saya tau. Printer nya ada di antara komputer dan mesin fotokopi)
  • I am sitting between my mother and my father. (Saya duduk di antara ibu saya dan ayah saya).
  • Do you see my pencil?. Yes I do. Your pencil is between a boardmarker and an eraser. (Apakah kamu melihat pencil saya?. Yeah saya tau. pencil kamu ada di antara sebuah spidol dan pengapus)
  • Look, there is a mouse overthere!. It is hiding between the table and cupboard. (lihat , ada seekor tikus di sana!. Tikus itu lagi sedang bersembunyi di antara meja dan lemari)
  • Which shoes do you like?. I can’t decide between the blue and the brown. (sepatu mana yang kamu suka?. Saya tidak bisa memutuskan yang berwarna biru atau coklat).

3. Fungsi kedua kata Between

Yang kedua, kata between juga bisa digunakan untuk menyatakan benda yang lebih dari 2, atau 3. Nah!. kata between ketika digunakan untuk menjelaskan benda lebih dari dua itu ada syaratnya. syaratnya apa?. Kata benda tersebut adalah merupakan penamaan benda secara individu yang mana kata-kata tersebut tidak termasuk dalam satu grup atau kelompok. berikut contohnya: 

  • Yersterday, my mother shared the cake between herself, Tomi, Rofah dan Leo. (kemarin, ibu saya membagikan kue di antara dia, Tomi, Rofah dan Leo)
  • The agreement that occured between Indonesia, Singapura and Japan is going well. (kesepakan antara negara Indonesia, Singapura dan Jepang berjalan dengan lancar)
  • My sister can’t decide between tulip, rose and jasmine for her wedding bucket, but my mother suggests to choose jasmine though. (kakak perempuan saya tidak bisa memustuskan antara bunga tulip, mawar dan melati untuk buket pernikahannya. Tetapi, ibu saya menyarankan untuk memilih bunga melati)

4. Fungsi kata Among

Setelah kita pelajari penggunaan between, Yuk kita pelajari penggunaan kata Among dalam kalimat. Pada umumnya, kata among memiliki arti yang sama, namun penggunaannya agak berbeda nih. 

Kata among digunakan ketika pembicara menyatakan kata benda seperti orang-orang atau hal-hal yang berjumlah banyak atau jamak, dan berada dalam suatu grup atau suatu kelompok. contohnya.

  • Where is my phone?. I can’t find it among all this stuff on the table. (di mana handphone saya?. Saya tidak bisa menemukannya di antara semua barang- barang di atas meja).
  • It’s an amazing opportunity to be here among the best teachers. I feel grateful that I can share my knowledge. (ini benar- benar kesempatan yang luar biasa bisa berada di antara guru-guru terbaik. (saya sangat senang bisa membagikan ilmu saya.)
  • Yesterday, one of the teachers announced who is the best student among all the students in the class. (kemarin, salah satu guru mengumumkan siapa yang menjadi siswa terbaik di antara semua siswa di kelas.)
  • My friend’s restaurant is the most popular restaurant among all local restaurants in the city. (restoran teman saya merupakan restoran yang paling terkenal di antara semua restoran lokal yang ada di kota.)

Jadinya, udah paham yah teman-teman perbedaan dan penggunaan among dan between di dalam kalimat bahasa inggris. 

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.