Cari Tempat Kursus TOEFL iBT? Ke SUN ENGLISH Aja

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah sebuah tes terstandarisasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi seseorang yang tidak mengaplikasikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Tes ini biasanya diambil bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris akademik seperti yang sebenernya kamu pakai di kelas. Untuk mendapatkan skor TOEFL iBT yang bagus bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, kamu butuh mempersiapkannya, bisa dengan mempelajarinya sendiri atau mengikuti kursus TOEFL iBT.

Source: freepik.com

Mengapa Perlu Kursus TOEFL iBT?

Apabila kamu memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka kamu membutuhkan kemampuan bahasa Inggris dengan kualitas yang tinggi. Hal ini perlu kamu miliki untuk dapat menimba pengetahuan di institusi-institusi ternama tersebut.

Source: freepik.com

Untuk dapat menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari secara natural juga bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu menggunakannya dalam situasi akademis. Maka dari itu, beberapa orang memilih untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang mampu membantu mereka untuk mencapai tujuannya masing-masing. Untuk mendapatkan nilai TOEFL iBT yang bagus demi menunjang kegiatan akademik, kamu perlu memilih tempat kursus TOEFL iBT yang tepat.

Format Tes TOEFL iBT

TOEFL iBT terdiri dari empat bagian yaitu reading, listening, speaking dan writing. Selain itu, jenis bahasa yang digunakan adalah Academic English. Berikut adalah penjabaran lebih lanjut mengenai masing-masing bagian pada tes TOEFL iBT:

  1. Reading

Pada bagian ini waktu yang diberikan adalah kurang lebih 60-100 menit. Jenis teks bacaan yang diberikan bisa saja pendek (selama kurang lebih 60 menit) dan bisa saja panjang (selama kurang lebih 80-100 menit). Jenis bacaan pada reading ini mirip dengan materi perkuliahan yang bersifat akademis seperti sejarah, ilmiah, sastra, dll. 

  1. Listening

Pada sesi listening biasanya terdapat 6-9 audio dan memakan waktu sekitar 60-90 menit. Jenis audio yang diputar biasanya merupakan academic lectures, di mana masing-masing durasi kurang lebih 5 menit dengan 6 pertanyaan. Selain itu, terdapat 2-3 percakapan dengan durasi kurang lebih 3 menit dengan 5 pertanyaan. Biasanya percakapan berisi seputar kehidupan di kampus. 

  1. Speaking

Sesi speaking terdiri dari 4 tasks dimana task 1 bersifat independen dan task 2-4 merupakan task yang terintegrasi dengan skill lain, yaitu listening dan reading

  1. Writing

Terdapat dua jenis esai yang diminta pada bagian ini. Yang pertama bersifat integrated di mana kamu akan diminta untuk membaca, mendengar dan kemudian menulis apa yang telah didengarkan. Esai yang diminta merupakan kesimpulan dari bacaan dan listening yang telah diberikan sebelumnya, bukan gagasan atau ide pribadi.  Kemudian yang kedua bersifat independent, di mana dalam esai ini kamu hanya perlu menulis esai berdasarkan topik yang kamu dapat.

Kursus TOEFL iBT di Sun English

Sun English bisa menjadi salah satu pilihan kursus bahasa Inggris bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL iBT. Sun English merupakan tempat yang tepat bagi kamu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk persiapan mengikuti IELTS dan TOEFL International Test. Ada beberapa alasan kenapa Sun English perlu menjadi tempat kursus bahasa Inggris pilihanmu.

Belajar Sesuai Dengan Level Student

Kamu tidak perlu khawatir materi yang kamu dapat akan terlalu sulit/mudah. Karena sebelum kamu mengikuti kursus TOEFL iBT di Sun English, kamu perlu melakukan placement test terlebih dahulu. Melalui tes tersebut, Sun English dapat menentukan penempatan tingkat sebelum masuk ke program dan menetukan materi-materi yang dibutuhkan. Dari hasil tes prediksi tersebut, tim Sun English akan merancang program sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Sehingga kamu akan mendapatkan target nilai yang diharapkan dan diterima di sekolah atau universitas di luar negeri. Selain itu, tutor Sun English juga akan memberikan laporan progress belajar yang berguna untuk mengukur perkembangan dan kemampuanmu dalam belajar bahasa Inggris loh!

Kelas Kecil dan Intensif

Hal yang sering terjadi ketika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris adalah keluhan tentang kondisi kelas yang seringkali terlalu ramai, atau pemaparan materi yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Kamu tidak perlu khawatir! Kursus TOEFL iBT di Sun English memiliki 2 jenis kelas yaitu kelas Private (1-2 orang) dan juga kelas Semi Private (3-6 orang). Kelas dengan jumlah murid yang tidak terlalu banyak ini akan sangat menguntungkan. Para pengajar dapat dengan mudah mengenali kelemahan dan kekuatan para murid di dalam kelas. 

Source: freepik.com

Selain itu, murid akan mendapatkan perhatian pada saat proses belajar berlangsung, lebih mudah berkonsentrasi pada setiap materi yang diberikan, dan mempunyai kesempatan waktu lebih banyak untuk bertanya dan berinteraksi dengan pengajar. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi proses belajar menjadi lebih efektif dan maksimal.

Jaminan Kenaikan Nilai

Salah satu alasan kuat kenapa kamu harus kursus TOEFL iBT di Sun English adalah karena adanya jaminan kenaikan nilai minimal 10 poin dalam TOEFL iBT dari nilai placement test di awal. Target nilai ini sebenarnya dapat dengan mudah dicapai oleh setiap murid dengan adanya kerjasama antara pengajar dan murid. 

Waktu Belajar dan Pertemuan Yang Fleksibel

Secara umum, fleksibilitas waktu dan pertemuan dalam pelaksanaan kursus bahasa Inggris di Sun English akan sangat menguntungkan bagimu. Jika kamu mengambil kelas private, maka jadwal tutor dapat menyesuaikan dengan jadwalmu. Dengan begitu, siswa yang memiliki jadwal yang padat karena alasan sekolah ataupun pekerjaan tetap dapat mengikuti kursus bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah ingin mengikuti kelas secara online ataupun bertatap muka langsung di kelas. 

Source: freepik.com

Apabila kamu memiliki jadwal yang cukup padat dan lokasi tempat tinggalmu cukup jauh dari kantor Sun English, maka kamu bisa mengikuti kelas secara virtual menggunakan Zoom atau Google Meet. Sebaliknya, apabila kamu merasa perlu berinteraksi langsung dengan tutor Sun English, kamu bisa datang secara langsung.

Tutor Berpengalaman

Kamu tidak perlu ragu untuk mengikuti kursus TOEFL iBT di Sun English karena Sun English memiliki pengajar yang berpengalaman. Tutor-tutor di Sun English sudah bertahun-tahun menekuni bidang pengajaran, khususnya bahasa Inggris. Selain itu, para pengajar Sun English juga rutin memberikan feedback secara mendetail pada setiap latihan dan tes. Hal ini dapat membantumu berkembang lebih cepat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Para pengajar Sun English juga sering mengadakan workshop-workshop dengan berbagai macam tema untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu secara gratis loh!

Source: freepik.com

Nah, itu dia kelebihan-kelebihan yang bisa kamu dapat apabila kamu kursus TOEFL iBT di Sun English. Kalau kamu ingin menyiapkan diri untuk mengikuti tes bahasa Inggris, baik itu TOEFL, IELTS, SAT, ataupun GMAT, yuk ikutan program kelas bahasa Inggris di Sun English yang memiliki kelas sesuai dengan kebutuhan belajar kamu. Kamu juga bisa mengetahui level bahasa Inggris kamu agar pilihan program dapat disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group

Add a Comment

Your email address will not be published.