Perbedaan “Die”, “Died”, “Dead”, dan “Death”

Perbedaan “Die”, “Died”, “Dead”, dan “Death” —– Halo, Sunners! Dalam bahasa Indonesia, ketika seseorang sudah mencapai akhir kehidupannya, maka ia disebut “meninggal” atau “mati”. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kata yang berbeda untuk menyebut “meninggal” atau “mati”. Kata-kata tersebut adalah: die, died, dan dead. Ada satu kata lagi yang merupakan bentuk noun/kata bendanya, yaitu death, yang berarti kematian. Walau kata die, died, dan dead memiliki makna yang sama dalam bahasa Indonesia, tetapi pemakaiannya tidak boleh dibalik-balik satu dengan yang lain. Hal itu dikarenakan setiap kata memiliki format penggunaan yang berbeda sekali.

Nah, mari kita pelajari satu-satu dari keempat kata yang mirip tadi!

Die

Kata die dalam kamus bermakna “meninggal” atau “mati”. Dalam bahasa Inggris, die termasuk kata kerja dasar (verb infinitive) tanpa imbuhan apapun. Sehingga, kata die ini tidak boleh kamu pakai sebagai kata sifat (adjective) ataupun sebagai kata kerja bentuk kedua (dalam past tense) yang merujuk ke kejadian di masa lalu. Sebagai penjelas, mari kita simak contoh pemakaian kata die dalam kalimat:

  1. They will certainly die if you don’t call a doctor. (mereka pasti akan meninggal kalau kamu tidak memanggil dokter sekarang)
  2. I want to die with pride and no fear. (Aku ingin meninggal dengan rasa bangga dan tanpa rasa takut)

Died

Selain die, ada juga kata died. Sebetulnya, kata died tidak jauh berbeda maknanya dengan kata die. Perbedaan utama dari kata “die” dan “died” terletak pada waktu penggunaan. Jika die adalah Verb 1 atau infinitive verb yang digunakan dalam simple present tense atau future tense, “died” tergolong sebagai Verb 2 atau bentuk lampau dari “die”. Hal ini menjelaskan bahwa kata “died” digunakan untuk seseorang yang meninggal pada waktu lampau. Supaya lebih jelas, mari kita lihat dua contoh penggunaan kata died sesuai konteks yang benar:

  1. His mother died from cancer three years ago. (Ibunya meninggal karena kanker tiga tahun yang lalu)
  2. That rock star died at a young age. (Bintang musik rock itu meninggal pada usia muda)

Dead

Dibandingkan kedua kata yang telah kita bahas sebelumnya, kata dead memiliki perbedaan yang lebih signifikan karena kata ini merupakan adjective atau kata sifat. Dalam bahasa Indonesia, kata ini juga memiliki makna yang sama dengan “die” maupun “died”. Bedanya, kata dead kita pakai untuk memberi sifat kepada kata benda atau noun. Jadi ingat, kata dead BUKAN kata kerja ya, jadi tidak bisa kita letakkan setelah subjek tanpa penghubung seperti to be.

Contohnya, jika kamu ingin menerjemahkan frasa “orang mati” ke bahasa Inggris, maka akan lebih tepat jika kamu mengartikannya sebagai “dead person”. Dikarenakan pada frasa tersebut, kata “dead” memberi sifat terhadap kata “person”.

Contoh lain penggunaan kata “dead”:

  1. We saw a dead cat behind that eerie-empty house. (Kita melihat seekor kucing mati di belakang rumah kosong yang seram itu).
  2. She has been presumed dead for three days after that horrible accident. (Dia telah tiga hari dianggap meninggal pasca kecelakaan yang mengerikan itu)
This image has an empty alt attribute; its file name is young-english-teacher-doing-her-class-online-2500x1666.jpg
Image by Freepik

Death

Kata terakhir, death, merupakan kata benda atau noun yang berarti “kematian”. Jadi ingat, kamu tidak bisa mengatakan “She is already death“, karena artinya akan menjadi: “Dia sudah kematian.” Kalimat yang harus kamu ucapkan adalah: “She is already dead” (Dia sudah meninggal), dimana dead berperan sebagai kata sifat yang menjelaskan subjek she.

Lalu bagaimanakah cara memakai kata death? Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. I love talking about death. (Aku suka membicarakan tentang kematian).
  2. It was a peaceful death. (Itu adalah kematian yang damai).

Bagaimana? Mudah bukan, kawan kawan?

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.