Therefore dan Consequently. Apa sih bedanya?

Wrriten by Tomi Wijaya

Source: https://unsplash.com/

Pembukaan

Hi Sunners! Di bulan April ini bagaimana kabar kalian? Semoga kalian semua tetap sehat dan belajar Bahasa Inggrisnya semakin lancar ya. Kita kali ini akan membahas mengenai ‘therefore’ dan ‘consequently’. Apakah mereka memiliki perbedaan arti yang signifikan? Mari kita bahas!

Source: https://unsplash.com/

Therefore dan Consequently Sebagai sebuah konjungsi.

Therefore dan consequently merupakan konjungsi. Konjungsi merupakan kata yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan antar kalimat, dan berperan penting dalam pembuatan artikel formal maupun kasual. Kehadiran konjungsi akan memperjelas hubungan antara kalimat, sehingga sebuah tulisan akan menjadi lebih mudah dipahami. Sebagai contoh, konjungsi dapat memperlihatkan kalimat mana yang berperan sebagai hal positif dan negatif, penyebab dan akibat, maupun masalah dan solusi. Apa sekarang kamu sudah lebih paham tujuan penggunaan konjungsi? Berikut adalah beberapa contoh konjungsi dalam Bahasa Inggris selain therefore dan consequently.

While, although, because, but, whereas

  • He is so lazy, while his sister works so hard to support her family.
  • Although John is busy, he always spares some of his time on the weekend to play with his children.
  • I need to run because I am late.
  • Rika is hungry, but the fridge is totally empty.
  • Kim is very annoying whereas Lee is so friendly.

Lewat contoh-contoh tadi, kita melihat bahwa konjungsi menghubungkan dua atau lebih klausa dan membuat hubungan antar kalimat menjadi jauh lebih jelas.

Source: https://unsplash.com/

Persamaan Therefore dan Consequently

Selain sama-sama berfungsi sebagai konjungsi, therefore dan consequently juga sebenarnya memiliki arti yang sama, sehingga mereka bisa saling menggantikan sebagai sinonim. Kedua kata ini  dapat digunakan untuk menunjukkan akibat dari sebuah kejadian. Mari kita lihat beberapa contoh penggunaannya dan bagaimana kedua kata ini dapat saling menggantikan satu sama lain.

Contoh pertama

  • He couldn’t succeed despite trying his best. Therefore, he gave up.
  • He couldn’t succeed despite trying his best; consequently, he gave up.

Contoh kedua

  • He is a delinquent. Therefore, the school decided to expel him.
  • He is a delinquent. Consequently, the school decided to expel him.

Contoh ketiga

  • He ate too much yesterday. Therefore, he is suffering from stomachache.
  • He ate too much yesterday. Consequently, he is suffering from stomachache.

Source: https://unsplash.com/

Perbedaan Therefore dan Consequently

Setelah kita melihat contoh tadi, mungkin kamu bertanya-tanya apakah memang ada perbedaan secara arti dari kedua kata tersebut. Jika kita melihat konteks secara teori, therefore adalah sebuah konjungsi yang dapat menghubungkan sebab dan tujuan, serta merujuk pada pokok permasalahan yang sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Namun, consequently berfokus pada sebab dan akibat atau konsekuensi.

Berikut adalah contoh penggunaan therefore untuk menunjukkan sebab dan tujuan.

  • We are too weak to continue climbing. Therefore, we need to help each other to reach the peak of the mountain.
  • Our relationship has not been going well lately. Therefore, we need to be more honest with each other.
  • She could give birth anytime soon. Therefore, we need to speed up and get to the hospital as soon as possible!

Dari ketiga contoh berikut, kita bisa melihat bahwa therefore digunakan untuk menghubungkan sebab dan tujuan.

Begitulah perbedaan dari therefore dan consequently. Apa sekarang kalian sudah lebih paham? Memang bukan sebuah perbedaan yang signifikan, namun semoga wawasan kalian bisa bertambah setelah ini dan tahu secara lebih spesifik cara menggunakan therefore dan consequently. Tetap semangat ya untuk belajar Bahasa Inggris!

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.