Tips dalam memilih kamus Bahasa Inggris indonesia yang bagus.

Hi everyone! seperti judul kita di atas kali ini kita akan membahas mengenai apa-apa saja kah yang perlu kalian ketahui ketika memilih kamus untuk mempelajari suatu bahasa, telebih di saat kita mempelajari bahasa inggris. Faktanya, sekarang kamus bahasa inggris mempunyai begitu banyak macam dan penerbit. Jadi, kalian juga harus teliti dalam hal memilih kamus yah agar bisa membantu kalian secara efektif dalam mempelajari bahasa inggris.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pun saat ini memberikan begitu banyak kemudahan buat kita yang ingin mempelajari bahasa inggris secara cepat dan efektif lewat adanya begitu banyak sources termasuk kamus. Oleh karena itu, kamus pun sekarang memiliki 2 type yaitu kamus digital/kamus elektronik dan kamus dalam bentuk buku.

Namun, karena saat ini segala sesuatu bisa diakses dengan mudah lewat berbagai macam teknologi seperti smartphone dan laptop, hal ini menjadikan kepopuleran kamus elektrik meningkat dibandingkan dengan kamus berbentuk buku yang berat dan tebal. Oleh karena itu, berikut adalah tips dalam memilih kamus yang bagus agar bisa membantu kalian dalam belajar bahasa inggris.

Tips dalam memillih Kamus Bahasa Inggris

a. Pilihlah kamus yang menggunakan atau menyertakan sebuah kata dalam versi Noun (kata benda), Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), dan Adverb (kata keterangan) juga. Hal ini sangat penting bagi kalian yang ingin menambah kosa kata dalam bahasa inggris. Seperti contoh kata di bawah ini;

– beauty (noun)

– beautiful (Adjective)

– beautify (verb)

– beautifully (adverb)

Sama seperti bahasa indonesia yang mana kita juga harus bisa menggunakan sebuah kata secara benar seperti kapan kita harus menggunakan noun ataupun adjective dalam sebuah kalimat. Sehingga, lewat kamus seperti ini kalian bisa memperluas pemahaman kalian terhadap kosa kata dan mengetahui bentuk2 kata atau part of speech.

b. Pilihlah kamus yang memiliki fitur synonim (persamaan kata) dan antoym (lawan kata)

Dengan adanya fitur ini, kalian juga bisa memperluas kosa kata kalian juga loh dan trust me it works!. Seperti contoh kata- kata di bawah ini:

– Improve:

Synonim

better, ameliorate, upgrade, refine, enhance, boost, build on, raise, revamp, polish up.

Antonym

worsen, impair, deteriorate

c. Pilihlah kamus yang memiliki fitur pronunciation dalam American dan British Accent

Kamus yang memiliki fitur ini sangat membantu kalian juga dalam membedahkan antara American dan british accent. Dalam bahasa inggris ada beberapa macam accent dalam penyebutan sebuah kata dan kalian pun harus bisa menyebutkan kata yang benar yah. Selain ini, fitur ini sangat membantu kalian yang mau berbicara seperti native speaker. 

kita bisa liat contoh perbedaan penyebutan  kata di bawah ini:

– American Accent 

kata “Later” : /le?tәr

British Accent 

kata “Later” : /le?tә

Dari salah satu contoh kata di atas bisa dipahami bahwa kamus yang memiliki fitur ini sangat membantu kita dalam skill pronunciation juga. 

Setelah kita mempelajari 3 tips utama dalam memilih kamus, kira- kira kamus seperti apa yah yang bisa direkomendasiin sebagai kamus terbaik saat ini:

1. Kamus Inggris (Kamusku)

Bagi kalian yang lebih tertarik menggunakan kamus lewat smartphone, kamusku adalah salah satu opsi untuk didownload. Kamus ini sangat cocok bagi pemula karena penafsiran kata2 nya sangat mudah dipahami. Selain itu, kamus ini juga menyediakan fitur synonim dan antonym juga loh, jadinya kalian juga bisa mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kosa kata kalian.

2. Merriam Webster

kamus ini bisa kalian download juga lewat smartphone loh. kamus ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan terupdate. Hal ini dikarenakan kamus ini dilengkapi dengan thesaurus, words at play, word of the day dan games juga. Jadinya, kalian bisa belajar bahasa inggris secara fun. so tunggu apalagi silahkan download aplikasi ini.

3. Oxford English Dictionary

Selanjurnya yang ketiga adalah kamus yang bisa dibilang kamus terlengkap juga yaitu oxford dictionary. Hal ini dikarenakan kamus ini memiliki lebih dari 60.000 kata bahasa inggris dan fiturnya lengkap seperti thesaurus, cara penyebutan dan contojh dalam kalimat. kamus ini juga tersedia dalam bentuk buku dan software juga loh. Telebih lagi, kamus ini tersedia dalam banyak bentuk ukuran, seperti kamus saku jadinya akan terasa enteng ketika dibawa ke mana mana. 

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.