Cara Mudah Mengerjakan Tes Membaca dalam Tes TOEFL (TOEFL Reading Test)

Cara Mudah Mengerjakan Tes Membaca dalam Tes TOEFL (TOEFL Reading Test)

Apakah kamu tahu tes TOEFL? Test TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini biasa digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris mu. Biasanya, tes ini akan diambil oleh mereka yang berniat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Terdapat beberapa kemampuan kamu yang akan diukur oleh tes ini. Kemampuan itu meliputi kemampuan mendengarkan atau listening skill, kemampuan membaca atau reading skill, kemampuan berbicara atau speaking skill, serta kemampuan menulis atau writing skill. Namun kita akan fokus pada kemampuan membaca atau reading skill dalam TOEFL ya!

TOEFL Reading Test memiliki durasi antara 60 menit hingga 100 menit. Jumlah teks atau bacaan nya mencapai 4 hingga 6 teks, dengan setiap teks memiliki hampir 700 kata. Kemudian, setiap teks memiliki sekitar 12 hingga 14 soal yang harus kamu jawab. Tentunya, jawaban kamu harus berdasarkan teksnya ya! Ruang lingkup teks nya juga meliputi berbagai sumber, mulai dari akademis, seperti jurnal, buku pelajaran, koran, dan lain-lain.

Lantas bagaimana dengan tipe-tipe soal dalam TOEFL Reading Test ini? Biasanya, soal-soalnya meliputi mencari informasi dasar dan

Terdapat beberapa tips yang mudah untuk kamu lakukan kalau kamu ingin mendapatkan nilai bagus pada section reading skill di tes TOEFL. Simak baik-baik beberapa tips berikut ini ya!

Baca Juga : Cara Jitu Menjawab Soal TOEFL Structure & Written Expression

  1. Pahami instruksi setiap soalnya.

Soal-soal pada reading skill memiliki instruksi yang berbeda-beda, seperti mengartikan arti dari suatu kata yang terdapat di teks, hingga menentukan dimana sebuah kalimat sebaiknya diletakkan di teks tersebut. Maka, pastikan kamu memahami setiap instruksi yang diberikan sebelum mulai mengerjakan soalnya ya.

  • Gunakan teknik skimming

Skimming adalah salah satu teknik dalam reading skill. Teknik ini sangat berguna untuk dapat membaca dengan efektif dan efisien. Dalam Bahasa Indonesia, teknik ini berarti membaca sekilas. Yang kamu perlu cari ketika melakukan teknik membaca ini adalah gagasan utama atau ide pokok secara keseluruhan pada setiap teks. Ide pokok biasanya terletak pada bagian awal atau akhir setiap paragraf. Dengan mengetahui ide pokok setiap teks, maka kamu dapat lebih mudah memahami isi dari teks tersebut.

toefl reading test
Source : halodoc.com

  • Gunakan teknik scanning

Scanning juga merupakan salah satu teknik membaca cepat, selain skimming. Berbeda dengan skimming, scanning adalah teknik membaca cepat namun yang kamu perlu cari adalah kata kunci dari setiap pertanyaan ataupun setiap paragraf yang ada di suatu teks. Dengan melakukan teknik ini, kamu tentu tidak perlu lagi membaca keseluruhan isi teks.

Baca Juga : 7 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

toefl reading test
Source : bola.com
  • Perbanyak latihan membaca

Agar dapat terbiasa membaca teks dalam bahasa Inggris, kamu tentu perlu perbanyak latihan membaca. Dengan latihan ini, kamu dapat meningkatkan kecepatan membaca mu. Idealnya, kamu perlu meluangkan waktu sekitar 15 sampai 30 menit setiap hari untuk membaca 1 sampai 3 artikel. Bacalah dengan tidak terburu-buru agar kamu dapat memulainya dengan tempo yang pas. Oh ya, pastikan pula kamu mengetahui apa yang kamu baca. Ini juga menjadi alasan mengapa kamu sebaiknya tidak membaca secara terburu-buru. Manfaat lain dari latihan membaca adalah kamu dapat meningkatkan jumlah kosa kata yang kamu kuasai. Kalau kosa kata menjadi masalah utama kamu dalam membaca teks berbahasa Inggris, maka membaca rutin sangat dianjurkan.

Baca Juga : Perbedaan TOEFL ITP dan iBT yang Penting Kamu Ketahui !

  • Lakukan finger tracking untuk membantu menandai kalimat terakhir yang kamu baca

Finger tracking adalah teknik dimana kamu menggunakan jari kamu untuk mengikuti alur membaca mu. Ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada yang terlewat. Namun, saat melakukan ini, hindari mengucapkan atau membunyikan kata. Kamu cukup membaca nya dari dalam hati agar konsentrasi mu tidak terbagi.

toefl reading test
Source: piqsels.com

Itulah sedikit overview untuk TOEFL Reading Test. Tentunya masih ada banyak hal dan materi yang harus kamu pelajari untuk mendapatkan skor reading yang kamu inginkan. Kamu dapat menghubungi kantor SUN English terdekat di Hotline 0812 1186 8283 untuk mendapatkan bantuan dari profesional. Selain mendapatkan feedback mengenai kemampuan kamu, kamu juga akan mendapatkan materi yang sesuai dengan level reading skill kamu.

Penulis: Nisa

Comments are closed.