3 Trik Jitu Menghadapi Test GRE di Indonesia

Hallo sobat SUN English, bagaimana kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tes GRE di Indonesia. Untuk melanjutkan kuliah S2 pada jurusan jurusan tertentu di luar negeri, maka salah satu tes yang perlu dilaksanakan untuk bisa masuk adalah GRE (Graduate Record Exam). Tes ini adalah tes standar yang digunakan untuk dapat masuk ke program master di luar negeri. GRE (Graduate Records Examination) adalah tes standar untuk masuk ke sekolah pascasarjana dan bisnis. Didirikan pada tahun 1936 oleh Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching (CFAT) dan saat ini berada di bawah administrasi Educational Testing Service (ETS).

Source: suneducation.com

Berbeda dengan tes TOEFL atau IELTS yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes GRE digunakan juga untuk mengukur kemampuan akademik dan memastikan bahwa mahasiswa yang akan melanjutkan sekolah memiliki kemampuan mengikuti pendidikan di sana dengan benar. Beberapa sekolah akan menggunakan tes GRE sebagai syarat utama jadi persiapkan diri kamu sekarang juga agar bisa lolos GRE test Indonesia. Tes ini dilaksanakan di setiap negara untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah seperti di Eropa dan Amerika.

Jika dilihat dari format tes, GRE memiliki tiga sesi tes yaitu analytical writing, verbal dan quantitative. Semua tes bisa dilaksanakan menggunakan kertas atau komputer tergantung dengan penyelenggaranya. Di Indonesia rata-rata telah menggunakan komputer jadi sangat penting untuk menguasai teknik mengerjakan tes. Adaptasi mengerjakan soal tes dengan komputer bisa dilakukan secara online. Namun banyak juga siswa yang belajar melalui kursus. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika belajar mempersiapkan tes GRE melalui tempat kursus.

Source: educations.com

Berapakah skor yang dibutuhkan untuk bisa lulus dari tes GRE? Masing-masing sekolahan memiliki standar yang berbeda. Namun secara umum, skor yang dibutuhkan untuk bisa lulus adalah 130 hingga 170 setiap sesinya. Pada setiap sesi nilai akan dijelaskan secara terperinci dan berbeda. Bisa dibilang skor tersebut sangatlah tinggi, mengingat beragam soal yang diberikan bukanlah soal yang mudah untuk dikerjakan. Kamu bisa mengerjakan dengan mudah jika mempersiapkan diri dengan baik.

1. Mulailah dengan praktek

Kamu bisa mencoba mengikuti uji coba GRE test Indonesia, uji coba tes ini banyak diselenggarakan di tempat tempat kursus seperti di SUN English. Kamu akan mengetahui dengan jelas seperti apa pengalaman mengerjakan tes GRE. Jika sudah mengetahui dan melihat hasilnya, disinilah kamu bisa memulai untuk belajar. Berapa skor yang kamu dapatkan untuk masing-masing sesi dan tentukan berapa tujuan kamu untuk mendapatkan skor sesuai yang dibutuhkan.

2. Siapkan jadwal belajar

Dengan memiliki goal nilai pada masing-masing sesi tentu saja saatnya untuk belajar. Kamu bisa kok mempersiapkan diri hanya dalam dua bulan, asalkan gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar. belajarlah di setiap minggu bahkan setiap hari.

Source: indonesiamengglobal.com

3. Kuasai soal hitungan

GRE test Indonesia banyak yang lemah dalam soal hitungan. Padahal soal hitungan yang diberikan tidak jauh berbeda dari pelajaran matematika SMA. Mulailah belajar rumus tentang aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis data. Ada banyak sekali soal yang menggunakan data analisis dari diagram. Belajar lebih dalam bagaimana membaca setiap diagram dengan benar.

Demikian pembahasan mengenai penjelasan untuk  3 trik jitu dalam menghadapi test GRE di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian dalam mempersiapkan diri menghadapi tes GRE di kemudian hari. Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.