Cara Cepat Belajar Grammar Agar Tidak Membosankan

Cara Cepat Belajar Grammar

cambridge.org

Cara Cepat Belajar Grammar
123rf.com

Mau tahu cara cepat belajar grammar? Pada era digital seperti saat ini, sudah bukan hal asing bagi kamu untuk berhadapan dengan segala yang berbau Bahasa Inggris di setiap harinya. Kamu menghabiskan waktu di lingkungan sekolah, dunia kerja, hingga kegiatan-kegiatan sosial bersama kerabat atau teman. Kamu juga harus bisa memahami konteks dan istilah sederhana dalam Bahasa Inggris. Khususnya bagi kamu yang memiliki circle pertemanan yang luas dengan berbagai macam latar belakang, tentu saja banyak pula dari kamu yang akan bertanya-tanya, ‘Apa sih aspek terpenting dalam menguasai suatu bahasa?’.

Cara Cepat Belajar Grammar
freepik.com

Mengenal Grammar

Grammar adalah sebuah kaidah dalam menyusun tata bahasa khususnya pada Bahasa Inggris agar suatu klausa maupun kalimat dapat memiliki makna yang padu. Grammar merupakan sebuah susunan yang di dalamnya terdapat berbagai jenis kata. Ada 8 jenis kata-kata dengan fungsi berbeda di dalam Bahasa Inggris. Struktur ini mengajarkan kamu untuk dapat mengenali peran dan klasifikasi mereka pada kalimat tertentu. Beberapa kategori kata penting untuk kita kenali yaitu noun, verb, adverb, adjective, pronoun, preposition, conjunction, dan interjection.

Cara Cepat Belajar Grammar
shutterstock.com

Dengan berbagai fokus yang harus kita kuasai, kamu harus mencoba metode belajar bahasa inggris dasar grammar yang sesuai dengan kenyamanan pribadi. Kamu tentu akan keberatan dan kesulitan menghafal semua kelas kata jika tidak memakai cara yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara cepat belajar grammar yang bisa kamu coba dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

1. Niat dan Komitmen

Ini adalah fondasi awal buatmu sebelum mencoba teknik belajar lainnya, lho! Kamu perlu meyakinkan diri saat dalam mengasah skill jenis apapun yang ingin kamu tekuni karena semua tidak ada yang instan. Ini adalah hal yang krusial saat kamu ingin berjuang dan memulai suatu kebiasaan baru yang baik. Kamu pun harus fokus pada tujuan dan cita-cita sehingga kamu akan lebih yakin dalam mengasah Bahasa Inggris. Kita tidak harus memulainya secara esktrem, belajar grammar bisa awali dengan cara-cara yang menyenangkan dan bisa kamu pakai sehari-hari tanpa bosan.

2. Libatkan Dalam Hobi dan Kegiatan Favorit

Adakah hobi apa yang sedang kamu tekuni sekarang? Apakah kamu aktif di sebuah kegiatan tertentu? Ini adalah kabar baik untuk kamu yang ingin mencari cara cepat belajar grammar dengan mandiri tanpa rasa bosan! Sebagai contoh jika kamu suka menonton film berbahasa Inggris, kamu dapat mengganti subtitle atau teks tulisan terjemahannya dengan Bahasa Inggris lagi. Kamu bisa memakai teknik ini untuk mengasah kemampuan saat belajar struktur dan susunan kata. Nantinya, kamu akan membiasakan diri dalam mengasah dan mengenali struktur kalimat yang dipakai secara berkala. Pola-pola yang berbeda dalam situasi tertentu juga harus kamu perhatikan. Sebagai bonus, kamu sekaligus dapat melatih kepekaan dalam skill listening untuk mengenali kosakata baru saat pemain di dalam film mengucapkan beberapa kata dan kalimat di dalam film tersebut.

3. Klasifikasi Kosakata

Kategorisasi kata bertujuan untuk membiasakan kita mengenali fungsi kata-kata di dalam belajar grammar agar tidak salah kaprah dalam pemakaiannya. Kerap kali kita memakai kata-kata tertentu lalu dirangkai, namun ternyata fungsi kata-kata tersebut tidak sesuai dengan aturan sebenarnya. Hal ini disebabkan karena kita kurang mengenali letak benar dari kata-kata tersebut dalam Bahasa Inggris. Memakai kertas tempel dapat menjadi alternatif untuk mengelompokkan jenis-jenis kata di dalam grammar agar memudahkan kamu mengenali perbedaannya. Misalnya, dengan mengelompokkan kata noun yang berkaitan hanya dengan topik kesehatan. Kemudian, untuk jenis kata adjective, kamu dapat urutkan di kertas lainnya namun masih dengan topik yang sama. Ini juga bermanfaat saat kamu ingin mengganti topik lainnya untuk belajar. Jenis pembahasaan lainnya seperti kata-kata yang dipakai di dalam pendidikan, seni dan budaya, teknologi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Cara Cepat Belajar Grammar
pngegg.com

4. Berkecimpung Dalam Bahasa Inggris

Melibatkan diri bukan berarti kamu setiap saat dan setiap detik berada dalam situasi berbahasa Inggris, ya! Saat kamu mengaplikasikan metode ini, di sini berarti mengubah kebiasaan sehari-hari dan hal kecil lainnya. Kamu dapat mengganti bahasa input yang di dalam gadget menjadi bahasa Inggris. Jika kamu seorang gamer, kamu bisa mulai mengubah bahasa aplikasinya menjadi Bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu akan terbiasa bertemu dengan kosakata baru secara berkala, apalagi jika game tersebut terdapat fitur suara dari karakter tertentu sehingga kamu dapat belajar menemukan struktur yang baik dan benar. Kamu juga dapat mengucapkan salam dan percakapan ringan kepada teman kamu di sekolah, kampus, atau di tempat kerja dalam Bahasa Inggris. Nilai plus pada metode ini adalah melatih kepercayaan diri dan kelancaran dalam pengucapan kalimatnya. Contoh: “Have a good day!”, “The movie is really exciting!”, “I wonder if I can finish my deadline.”

5. Manfaatkan Media Digital

Cara cepat belajar grammar lainnya adalah dengan memaksimalkan perkembangan teknologi dalam menunjang kebutuhan Bahasa Inggris kamu. Salah satunya adalah dengan menggunakan keyword tertentu pada kolom mesin pencari Google untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar grammar yang belum kamu pahami. Ada sekitar lebih dari ribuan artikel yang akan memuat materi tertentu beserta contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat. Jika kamu kesulitan memahami soal seperti tenses misalnya, kamu bisa langsung mengetik keyword unik untuk memudahkan dalam mencari topik yang sesuai. Contoh: “Bentuk sederhana Simple Present Tense”, atau “Contoh kalimat dengan kata verb di dalam Bahasa Inggris”.

Baca Juga : Belajar Menggunakan Idiom Dalam Bahasa Inggris

Teknik ini akan membuat mesin pencari untuk memberikan artikel-artikel yang lebih spesifik untuk kamu pelajari. Kamu pun dapat menyesuaikan artikel mana yang ingin kamu pakai untuk bahan belajar yang sekiranya lebih mudah untuk kamu pahami. Tentunya, belajar grammar akan lebih maksimal jika kamu membaca bahan ajarnya dengan Bahasa Inggris juga sehingga pembelajarannya akan lebih double sembari melatih skill reading kamu saat memahami materinya. Sekali menyelam minum air! 🙂

6. Menulis dan Membaca

Untuk trik lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan lebih sering menulis atau membaca dalam Bahasa Inggris. Kamu tidak harus melakukannya dengan membuat atau menyelami teks yang panjang sekali, cukup 100-200 kata per hari dapat meningkatkan kualitas grammar-mu. Jika kamu memiliki hobi membaca komik sebagai bahan bacaan fiksi, kamu bisa mencoba versi yang berbahasa Inggris. Faktanya, kalimat dan bahasa yang digunakan di dalam komik lebih sederhana dan mudah dipahami. Kamu pun dapat menikmati hobimu sambil melatih cara cepat belajar grammar. Untuk bahasa Inggris yang akademis, membaca artikel harian bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai kebiasaan baru. Jenis bacaan non fiksi yang memakai Academic English diantaranya adalah artikel pendidikan, sains, ekonomi, sejarah bahkan olahraga. Kamu dapat membacanya pada potongan jurnal maupun koran online yang dimuat di berbagai platform.

Cara Cepat Belajar Grammar
freepik.com


Itulah beberapa cara cepat belajar grammar yang dapat kamu lakukan secara otodidak. Kamu dapat pula mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu dengan mengikuti kelas bahasa agar mendapatkan tips dan trik yang lebih banyak lagi serta materi-materi lain yang kamu butuhkan untuk meningkatkan nilai kamu di sekolah, kebutuhan untuk jenjang pendidikan selanjutnya maupun karier. Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *