Penggunaan “Used to” Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Berbicara mengenai bahasa Inggris, tentu saja yang terlintas pertama kali di benak kita adalah grammar (tata bahasa). Dikarenakan bahasa Inggris ini merupakan bahasa kedua bagi kita, tentu saja ada banyak sekali hal hal yang perlu kita pahami terkait tata bahasa, kosa kata , penggunaan tenses yang tepat dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang biasanya hanya mengerti kata kerja (verb) “use” dalam Bahasa Inggris yang padanannya dalam Bahasa Indonesia adalah “menggunakan” seperti dalam kalimat “I use a broom to sweep the floor” yang artinya “Saya menggunakan sapu untuk menyapu lantai”. Akan tetapi, jika kegiatan tersebut dilakukan pada waktu lampau (past time), kita tinggal mengubah kata kerjanya menjadi : “I used a broom to sweep the floor” (Saya menggunakan sapu untuk menyapu lantai kemarin). Kata “used” (bentuk kedua dari kata dasar “use”) digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah lewat disamping kata kemarin (yesterday), minggu lalu (last week) atau barusan (just now) untuk menunjukkan waktu kejadiannya. Lalu, bagaimana dengan penggunaan used to ?

Nah, penggunaan “used to” sendiri adalah untuk menyatakan suatu kejadian atau kebenaran di masa lalu yang pada saat ini sudah tidak pernah dilakukan. Untuk lebih mudah mengingat, kita bisa mengingat ”used to” sebagai kata “dulu” dalam bahasa Indonesia. Contoh kalimat: She used to play tennis, but not anymore. Dalam penggunaanya, ‘used to’ sendiri bisa berbeda beda tergantung jenis kalimatnya. 

penggunaan used to
Source : slideshare.net

Selanjutnya, bagaimana sih cara  penggunaan “used to” dalam kalimat positive (affirmative), kalimat pertanyaan (interrogative) dan kalimat menyangkal (negative)? Berikut penjelasannya dan akan disertai dengan contoh kalimatnya.

Baca Juga : Rumus Past Continuous Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

Kalimat statement (positive)

I used to eat three times a day 

(Saya biasa makan tiga kali dalam sehari–dulu)

Kalimat interrogative (question) 

Did you use to eat three times a day ? 

(Apakah betul anda dulu biasa makan tiga kali dalam sehari?). 

Jawaban  pendeknya bisa Yes, I did atau No, I didn’t.

Kalimat negative (denial) 

I didn’t use to eat three times a day. 

(Saya tidak biasa makan tiga kali dalam sehari–dulu).

Struktur kalimat yang menggunakan “Used to” 
(+)I
We
You
They
He
She
It
used tobe
do
write
work
have
study
play
(-)I
We
You
They
He
She
It
did not use to
didn’t use to
be
do
write
work
have
study
play
(?)Did I
Did we
Did you
Did they
Did he
Did she
Did it
use tobe?
do?
write?
work?
have?
study?
play?

Catatan:
Penggunaan used to hanya untuk kebiasaan lampau. Kita tidak bisa menggunakan “use to …” untuk menceritakan kebiasaan-kebiasaan di masa sekarang. Untuk mengungkapkan kebiasaan di masa sekarang (present habit), gunakanlah bentuk Simple Present tense.

Baca Juga : Rumus Simple Past Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

penggunaan used to
Source : ilmubahasainggris.com

Kemudian, setelah kita mengetahui aturan penggunaan “used to” dalam berbagai jenis kalimat,berikut ada beberapa penggunaan nya yang wajib kita ketahui:

PENGGUNAAN KATA USED TO 1: Kebiasaan di Masa Lampau

“Used to” menyatakan bahwa suatu ide telah menjadi suatu kebiasaan di masa lalu akan tetapi sudah tidak dilakukan lagi sekarang. Used to menunjukkan bahwa ada sesuatu yang sering diulang di masa lalu, tetapi hal tersebut tidak dilakukan lagi sekarang. Jadi, hal tersebut berarti bahwa kejadian yang disebutkan sudah benar benar berakhir pada saat ini (kebiasaan di masa lampau yang pada saat ini sudah tidak lagi kita lakukan). 

Contoh:

  • Sally used to eat spicy food.
  • Sania and Marry used to go to beach in the summer.
  • I used to work at the bank.
  • Charlote used to eat meat, but now he is a vegetarian.

PENGGUNAAN KATA USED TO 2: Fakta Masa lampau dan Generalisasi

“Used to” juga dapat digunakan untuk berbicara tentang fakta-fakta masa lalu atau generalisasi yang tidak lagi benar. Artinya fakta yang dahulu benar-benar terjadi akan tetapi fakta tersebut sudah tidak relevan dengan keadaan saat ini. Jadi, hal tersebut berarti bahwa pada saat ini fakta-fakta tersebut sudah tidak berlaku lagi atau sudah tidak bisa dikonfirmasi kebenarannya. 

contoh:
  • I used to live in Jakarta.
  • Sammy used to be rich, but now she is poor.
  • Juatin used to work for Mr. Harry, but now Linda is working for him.
  • Mangos used to cost very little in Kansas, but now they are quite expensive.

“Used to” vs Simple Past

Kedua Simple Past dan “Used to” dapat juga menggambarkan kebiasaan masa lalu, generalisasi masa lalu, dan fakta masa lalu; Akan tetapi, “Used to” lebih sering digunakan ketika menekankan bentuk-bentuk pengulangan masa lalu dalam kalimat positif. Dan di sisi lain, Simple Past lebih sering digunakan ketika mengajukan pertanyaan atau membuat kalimat negatif. Dan apabila simple past digunakan untuk menyatakan kebiasaan di masa lampau akan tetapi dalam bentuk negatif (negative statement), maka bentuk ‘used to’ nya adalah menjadi ‘use to’, walaupun artinya sama sama terjadi di masa lampau. Hal ini dikarenakan pemakaian auxiliary ‘did’ di depan kata ‘used to’ tersebut. 

Baca Juga : Conditional Sentence Type 1 2 3

contoh:

  • Gilang used to play the guitar.
  • Did Gilang play the guitar when he were young?
  • Gilang did not play the guitar when he were young.

Lebih baik tidak menggunakan “Used to” dalam pertanyaan atau bentuk negatif; Namun, Used to kadang-kadang digunakan dalam kalimat pertanyaan atau bentuk negatif informal bahasa Inggris. Lebih baik untuk mengajukan pertanyaan dan membuat kalimat negatif menggunakan Simple Past Tense.

USED TO BENTUK AKTIF DAN PASIF

Used to juga dapat digunakan dalam kalimat positif maupun kalimat negatif. 

contoh:

  • Jemy used to play the piano. Active
  • The piano used to be played by Jemy. Passive
penggunaan used to
Source : youtube.com

Dari penjelasan diatas, bagaimana nih teman-teman? Pasti sudah ada sedikit gambaran ya mengenai  penggunaan kata used to dalam kalimat bahasa Inggris. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat teman teman sekalian. Belajar bahasa Inggris itu memang terlihat sulit di awal , tapi tiap kali ada kemauan disitu pasti ada jalan. Yang terpenting adalah seberapa intens waktu belajar kita. Jika kamu ingin segera melatih kecapakapan berbahasa Inggris dan memerlukan konsultasi lebih lanjut untuk kebutuhan Bahasa Inggrismu agar lebih oke dan maksimal, yuk langsung konsultasi gratis melalui WA SUN English 081-211-86 82 83.

Add a Comment

Your email address will not be published.