Contoh Kalimat Menggunakan So That dan Such That

Ketika mencoba untuk berlatih berbahasa Inggris dengan cara mendengarkan native speaker, mungkin kita pernah mendengar mereka berbicara menggunakan so … that dan such … that. Meski terdengar sederhana, akan tetapi kata tersebut terkadang membuat kita bingung; apa artinya, serta kapan dan bagaimana penggunaannya. Pada dasarnya, kita dapat menggunakan keduanya untuk mengungkapkan sebab-akibat (cause and effect) dari suatu situasi dalam sebuah kalimat. Berikut dua contoh kalimat so that dan such that:

  • She is so beautiful (that) I can’t get my eyes off you. (Dia sangat cantik sehingga aku tak bisa melepaskan pandangan darinya.)
  • It is such a good song (that) so many people listen to it. (Lagu yang sangat bagus sehingga banyak orang mendengarnya.)

Dari dua contoh kalimat tersebut, kita dapat melihat bahwa baik so … that maupun such … that mempunyai arti yang sama. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menjelaskan hasil dari opini  tertentu, atau menjelaskan pendapat tentang sesuatu (yang disebutkan sebelumnya). Selain itu, dua frasa tersebut juga digunakan untuk mengungkapkan penyebab dan akibat dari suatu situasi dalam sebuah kalimat. Meski demikian, so … that dan such … that memiliki perbedaan dalam penggunaan dan struktur kalimatnya.

www.clipartmax.com
source: www.clipartmax.com

So … That

So + Adjective/Adverb + That + Result

Kita bisa menggunakan “so” dengan “adjectives/adverbs + that” untuk menjelaskan hasilnya. Bagaimanapun, penggunaan “that” sebenarnya tidak wajib. Contoh:

  • The living room was so untidy (that) they could not find anything they were looking for. (Ruang tamunya sangat berantakan sehingga mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari.)
  • The audio sounds so loudly (that) I have a headache. (Suara audionya sangat kencang hingga aku merasa pusing.)
  • She drove so quickly (that) she almost hit a tree. (Dia mengendarai dengan sangat cepat sehingga hampir menabrak pohon.)
  • The child sings so beautifully (that) the audience are amazed by his voice. (Anak itu bernyanyi dengan sangat indah sehingga seluruh penonton mengagumi suaranya.)

So + Many/Few + Plural Countable Nouns + That + Result

So + Much/Little + Uncountable Nouns + That + Result

Kita juga bisa menggunakan “so” dengan “quantifier” (many/few/much/little) + that” untuk menjelaskan hasilnya. Sama seperti contoh di atas, penggunaan “that” juga tidak wajib. Simak contoh kalimat so that dan such that berikut ini:

  • That man had so many ties (that) he could not decide which to wear. (Pria itu memiliki sangat banyak dasi sehingga dia bingung menentukan yang mana untuk dipakai.)
  • She has so few shoes (that) she always uses the same shoes. (Dia mempunyai sangat sedikit sepatu sehingga dia selalu menggunakan sepatu yang sama.)
  • They drink so much coffee (that) they may be hard to sleep. (Mereka meminum sangat banyak kopi sehingga mereka susah tidur.)
  • There was so little water (that) many cities were in drought. (Ada sangat sedikit air sehingga banyak kota mengalami kekeringan.)
www.clipartmax.com

Such … That

Such + Adjective + Noun + That + Result

Kita dapat menggunakan “such” dengan “adjective + noun + that” untuk menjelaskan hasil atau akibat. Selain itu, juga digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau pendapat ekstrim tentang sesuatu. Berikut contoh-contohnya:

  • She has such beautiful dresses (that) she always amazes everyone. (Dia memiliki banyak gaun indah sehingga dia selalu dikagumi semua orang.)
  • It was such a bad picture (that) I don’t want to save it. (Itu adalah gambar yang sangat buruk sehingga aku tidak ingin menyimpannya.)
  • It was such an amazing experience (that) I couldn’t forget. (Itu adalah pengalaman yang sangat mengagumkan sehingga aku tidak bisa melupakannya.)
  • He is such a lovely man (that) that he is loved by everyone. (Dia adalah laki-laki yang menyenangkan sehingga disenangi oleh semua orang.)

Such” + Judgemental Noun + That + Result

Kita juga dapat menggunakan “such” dengan “judgmental noun (kata benda yang terkesan menghakimi) + that” untuk menjelaskan hasil atau akibat dari sesuatu. Ini dia contoh-contohnya:

  • Nobody is such a fool (that) she loves a bad guy. (Tidak ada orang yang begitu bodoh sehingga dia mencintai pria jahat.)
  • Their baby is such a cutie (that) everyone loves her. (Bayi mereka sangat imut sehingga semua orang mencintainya)
www.clipartmax.com
source: teks.co.id

Itulah dia struktur-struktur kalimat, cara penggunaan, serta contoh kalimat so that dan such that.Tentu saja, kita akan lebih mudah memahaminya apabila kita juga mencoba dan berlatih untuk menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.